Selasa, 28 April 2020

Langkah-langkah Menulis Teks Persuasi




Langkah-langkah menulis teks persuasi:
1)      Menentukan topik
Topik merupakan lingkup pembicaraan dalam suatu teks. Topik yang bisa dibahas dalam teks persuasi seperti masalah narkoba, rokok, dan kebiasaan sehari-hari.
2)      Menentukan tujuan
Setiap teks persuasi mempunyai tujuan. Tujuan utama setiap teks persuasi adalah meyakinkan pembaca dan pendengar. Dalam menyampaikan tujuan, berusahalah menyampaikannya dengan jelas dan singkat agar mudah ditangkap oleh pendengar dan pembaca.
3)      Membuat kerangka teks
Kerangka teks dibuat sedemikian rupa sehingga terdapat koherensi antara satu kalimat dan kalimat lainnya. Kerangka akan memandu seorang penulis mengembangkan teks atau karangannya. Kerangka teks meliputi topik, gagasan utama, dan gagasan pendukung.
4)      Mengumpulkan data
Setelah semua siap, saatnya dilakukan pengumpulan data. Data tepat dan akurat membantu pembaca untuk percaya kepada penulis. Data yang dikumpulkan harus akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
5)      Menulis teks
Setelah semua siap, tahap terakhir yaitu mengembangkan kerangka teks sesuai dengan topik, tujuan, kerangka, dan fakta yang sudah dikumpulkan. Gunakan pemilihan kata yang baik agar mudah meyakinkan para pembaca. Baca kembali untuk memastikan bahwa teks persuasi tersebut baik.

0 komentar:

Posting Komentar