Selasa, 28 April 2020

Belajar Membuat Blog



Salah satu kegiatan yang diadakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah pelatihan membuat blog. Pelatihan ini dinamakan Satu Guru Satu Blog (Sagusablog). Kegiatan pelatihan dilakukan secara daring dengan terlebih dahulu mendaftar pada laman IGI. Pelatihan ini dibagi ke dalam dua tahap, yaitu tahap dasar dan tahap lanjutan. Tujuan akhir dari pelatihan ini agar para peserta dapat membuat dan menggunakan blog secara optimal.
Dalam setiap tahap, ada beberapa modul yang harus dipelajari dan latihan yang harus diselesaikan. Bila kurang memahami cara mengerjakannya, para mentor di setiap kelas bersedia membantu. Berikut ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan Sagusablog.
1. Membuat blog dengan blogger.
2. Mendesain template dan header blogger.
3. Mengelola dan menghias blog.
4. Membuat soal online dan menyematkannya di blog.
 


Banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan melalui pelatihan ini, baik melalui modul, mentor, maupun rekan-rekan guru di kelas yang sama. Secara pribadi, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan teknologi sebagai seorang guru agar tidak ketinggalan zaman. Kemampuan itu tentunya diharapkan dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, pelatihan ini mendorong saya mengembangkan kemampuan menulis, baik menulis artikel maupun tulisan berupa perangkat pembelajaran yang baik.
Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada IGI dan Mr. Mung atas pelatihan yang sangat bermanfaat. Tak lupa, ucapan terima kasih juga kepada para mentor (Pak Isa dan Pak Sodikin) yang telah membimbing dalam mengerjakan tagihan-tagihan modul. Semoga sukses selalu!

0 komentar:

Posting Komentar